Dasar-Dasar Feng Shui untuk Ruang Kerja

fengshui rumah ruang kerjaFeng shui adalah sistem estetika China kuno yang dipercaya dapat membantu memperbaiki dan kehidupan seseorang dengan cara mengalirkan lebih banyak energi positif di tempat hidupnya. Dasar feng shui adalah dapat dinikmati sebagai seni dan menciptakan harmoni dan keseimbangan di lingkungan fisik manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan memiliki peruntungan yang lebih baik. Feng shui umumnya diterapkan dalam lingkungan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia, seperti rumah.

Fengshui rumah diterapkan untuk meningkatkan produktvitas penghuninya, baik dalam hal aktivitas, rejeki, kemakmuran, harmonisasi keluarga maupun kesehatan. Salah satu bagian desain rumah yang sangat berpengaruh dalam produktivitas adalah ruang kerja. Terdapat beberapa hal yang menjadi dasar feng shui bagi penataan ruang kerja agar produktivitas penghuninya meningkat. Dasar-dasar feng shui ruang kerja tersebut adalah sebagai berikut:

1. Area kerja
Area kerja perlu ditata sedemikian rupa sehingga tidak menghadap langsung ke koridor atau tangga, ruang penyimpanan, kloset, elevator, eskalator, dan toilet. Letakkan meja kerja sejauh mungkin dari pintu masuk dengan posisi menghadap pintu tersebut. Posisi tersebut merupakan “posisi memimpin” karena dapat melihat dan memerhatikan dengan baik siapa pun yang masuk melalui pintu masuk. Meja kerja sebaiknya berada di sudut ruangan yang diletakkan dalam posisi diagonal terhadap sudut ruangan tersebut. hindari tempat duduk segaris dengan pintu yang dapat menjadi sejalur dengan energi negatif.

2.Area kekayaan
Desain sendiri “area kekayaan” Anda dekat dengan area kerja. Area ini adalah tempat untuk meletakkan item yang dapat memengaruhi semangat kerja. Misalnya, tempat untuk meletakkan komputer, buku-buku sukses, ijazah kelulusan, atau sertifikat dan penghargaan lainnya. Pernak-pernik lain yang dapat diletakkan di area kekayaan adalah lukisan air yang mengalir, seperti air terjun atau sungai. Selain itu dapat juga diletakkan sebuah aquarium atau air terjun mini, atau tanaman hijau atau pernak-pernik berwarna merah. Hal-hal tersebut merupakan simbol pertumbuhan, perkembangan, aliran energi positif, dan peruntungan yang baik.

3.Desain interior dan perangkat
Secara umum, ruang kerja perlu “diisi” dengan energi yang penuh semangat, mulai dari cat dinding dan perangkat di dalamnya. Hindari warna dinding putih polos dan membiarkannya tanpa hiasan. Warna hijau atau biru lembut cocok untuk dinding ruang kerja. Warna tersebut memberikan semangat dan ketenangan untuk bekerja dengan jernih. Selain itu, hiasi dinding dengan lukisan dan fotografi yang positif. Buat ruang kerja penuh energi. Tanaman menjulur yang digantung dekat jendela baik untuk meningkatkan energi ruangan. Adanya cahaya dan aroma lilin juga menambah aliran kreativitas dan daya inovasi, simbol ide-ide cemerlang. Dalam hal furnitur, kombinasikan elemen kayu dan logam. Perbanyak elemen kayu, namun detail-detailnya terbuat dari logam. Lemari penyimpanan jangan diletakkan sangat berdekatan, perlu diberi ruang diantaranya agar tidak menghambat jalannya energi di ruangan kerja. Lemari gantung pun tidak boleh diletakkan terlalu tinggi karena dapat membuat depresi dan tertekan pada saat bekerja. Intinya, dekorasi ruang kerja sederhana saja, yang hemat, namun tertata rapih dan penuh energi. Sebaiknya dekorasi ruang kerja perlu diubah secara periodik, mengikuti musim dan suasana liburan yang santai agar aliran pikiran baik terus berputar.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>