Gedung Khusus untuk Penderita Flu Burung di Bali

Flu burungBali merupakan daerah endemi penyebaran virus H5N1 yang sering disebut flu burung atau avian influenza, dimana Bali merupakan salah satu tempat obyek wisata yang sangat eksotik dan dikunjungi wisatawan asing dari seluruh dunia, sehingga Bali merupakan salah satu daerah yang sangat rawan penyebaran avian influenza tersebut.

Pada awal tahun 2008 telah terjadi wabah besar dengan puluhan pasien terjangkit suspect flu burung di Bali, virus yang menjangkiti seseorang dengan gejala awal menyerupai penyakit flu tersebut menyebar luas di Bali, dimana banyak ditemukan wisata asing positif terjangkit H5N1. Begitu cepatnya penyebaran virus, membuat pemerintah provinsi Bali harus secara cepat membangun gedung khusus untuk avian influenza di Bali sebagai tempat perawatan sekaligus isolasi pasien.

Pemerintah provinsi bali menyediakan alokasi dana sekitar 2,6 milyar rupiah untuk membangun gedung khusus perawatan flu burung. Gedung yang dibangun di komplek rumah sakit Sanglah Denpasar tersebut, memiliki fasilitas yang sangat lengkap bila dibandingkan dengan rumah sakit lainnya di wilayah Indonesia bagian timur. Gedung khusus perawatan pasien flu burung tersebut juga memiliki sebuah fasilitas ruangan isolasi dengan kondisi udara yang negatif, sehingga udara yang keluar sangat bersih, maka diharapkan penyebaran virus flu burung dapat dikurangi serendah mungkin.

Pembangunan gedung yang menggunakan anggaran pemerintah provinsi bali pada tahun anggaran 2007 dan 2008 diharapkan dapat memberikan layanan optimal pada masyarakat serta pasien penderita flu burung. Gedung tersebut memiliki 2 lantai dan 27 tempat tidur dengan sarana serta prasarana yang sangat memadai.

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa firus flu burung pernah mewabah hampir di seluruh dunia dimana banyak sekali ditemukan hewan unggas yang mati mendadak, bahkan virus tersebut dapat menular pada manusia. Gejala awalnya mirip penyakit Flu biasa, yaitu batuk, pilek serta demam tinggi dan nyeri pada otot-otot, akan tetapi apabila dibiarkan akan terjadi kegagalan organ dalam tubuh yang berujung pada kematian.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>