8 Cara Efektif Menghemat Energi di Rumah

menghemat energi rumahAda banyak cara menghemat energi, di mana Anda bisa mengurangi konsumsi energi di rumah. Jika Anda memang ingin menghemat energi rumah, maka Anda harus merubah kebiasaan buruk yang Anda dan keluarga biasa lakukan di rumah.

Cobalah pikirkan penghematan energi sebagai tabungan untuk Anda. Jika Anda mengurangi penggunaan listrik di rumah, maka Anda akan menghemat uang, dimana biasanya Anda harus menghabiskan uang beberapa ratus ribu bahkan jutaan, kini Anda bisa menghemat setengahnya.

Berikut cara efektif menghemat energi di rumah Anda:

1. Membuang air sama dengan membuang-buang listrik. Mengapa? Karena penggunaan listrik terbesar di kebanyakan kota adalah pemakaian listrik untuk penyediaan air dan membersihkannya setelah digunakan! Mandi dengan shower dapat menghemat energi dibandingkan dengan pengunaan gayung ketika mandi.

2. Jangan meninggalkan komputer, TV, radio, AC, atau alat listrik lainnya dalam keadaan hidup bila tidak digunakan.

3. Jangan biarkan lampu menyala pada saat Anda tidak ada di ruangan. Jika Anda berada di luar ruangan selama lebih dari lima menit, segera matikan lampu Anda. Jika banyak di antara keluarga Anda yang sering lupa mematikan lampu, buat atau pasang tanda dan stiker “Jangan Lupa Matikan Lampu” di dekat tombol lampu.

4. Lepaskan steker. Tahukah Anda, beberapa perangkat masih dapat menarik listrik bahkan setelah mereka dimatikan.

5. Saat berbelanja peralatan listrik, pastikat aat-alat tersebut memiliki logo Energy Star. Peralatan yang berlogo Energy Star memang dijual dengan harga yang lebih mahal. Tapi tidak masalah, karena peralatan tersebut akan menghemat sepuluh kali energi di rumah Anda dibanding peralatan biasa.

6. Perbaiki atau gantilah kran yang bocor. Sebuah kran yang bocor dapat menghasilkan 30.000 galon air setahun. Bayangkan, berapa banyak jumlah air yang telah Anda buang. Dan ingat, setiap selesai menggunakan air pastikan kran telah dimatikan, baik setelah mencuci tangan atau mencuci piring.

7. Bila memungkinkan, gunakan bola lampu neon hemat energi. Bola lampu jenis ini, menghasilkan jumlah cahaya yang hanya menggunakan ¼ dari listrik rumah Anda. Lampu ini juga dapat bertahan selama bertahun-tahun.

8. Tanamlah pohon pelindung dan catlah rumah Anda dengan warna yang terang jika Anda tinggal di iklim yang hangat dan warna gelap jika di iklim yang dingin. Pohon yang kita tanam dapat menghemat penggunaan energi, karena setiap pohon dapat langsung menyerap sekitar 25 pon CO2 dari udara per tahunnya.

Setelah Anda menghemat energi rumah, lihatlahlah berapa banyak uang yang telah Anda hemat untuk membayar listrik. Biasakanlah diri Anda dan keluarga untuk melakukanlah hal di atas.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>