Memadukan Unsur Modern dan Klasik Dalam Interior Rumah

unsur modern dan unsur klasikBanyak rumah memadukan unsur modern dengan unsur klasik dalam mendandani rumah idaman mereka. Tujuannya agar menemukan kesan yang nyaman namun tetap tidak ketinggalan zaman. Unsur modern yang banyak menekankan tema rumah minimalis pada konsep interior rumah terkesan terlalu kaku bagi beberapa orang. Untuk menetralisir kesan kaku tersebut, unsur klasik kemudian ditambahkan pada interior rumah.

Unsur Modern Dalam Interior Rumah
Konsep modern mengusung tema yang serba simple, sederhana, dan tidak banyak detail. Kita bisa melihat rumah dengan desain minimalis yang menonjolkan garis-garis lurus horizontal ataupun vertikal dan menghindari garis melengkung yang terkesan rumit. Furniture pun identik dengan kotak, batang lurus, kaca, dan batu alam. Kesan yang muncul dengan konsep modern adalah kaku, dingin, dan praktis.

Unsur Klasik Dalam Interior Rumah
Konsep klasik atau tradisional mengusung tema anggun, artistik, dan fokus pada detail. Kita bisa melihat unsur klasik pada rumah-rumah adat tradisional atau konsep rumah mediterania. Garis lengkung menjadi andalan, motif ukiran dan relief menjadi unsur utama pada konsep klasik pada interior rumah. Kesan yang muncul dari konsep klasik adalah anggun, hangat, dan penuh nilai seni.

Perpaduan Unsur Modern dan Klasik Dalam Interior Rumah
Kemudian, banyak orang yang menyukai konsep modern dari kesannya yang praktis tapi tidak suka pada sifatnya yang dingin dan kaku. Untuk itu, para desainer interior berusaha membuat perpaduan antara unsur modern dan unsur klasik demi menemukan desain interior yang cocok untuk rumah idaman yang praktis namun tidak terlalu kaku. Unsur modern, seperti furniture yang simple dan sederhana dengan minim ornamen dipadukan dengan langit-langit yang diberikan sedikit profil berupa motif ukiran atau jendela melengkung sebagai unsur klasik. Atau bangunan yang mengusung konsep minimalis modern diisi dengan furniture klasik, seperti kursi jati ukiran, Lukisan kaligrafi, atau patung-patung yang menonjolkan garis-garis melengkung.

Biasanya perpaduan konsep modern dan klasik ini akan tampak pada fasad rumah yang memadukan tiang persegi dengan daun jendela dan pintu yang melengkung. Sementara di ruang tamu, biasanya terdapat satu atau dua jenis perabotan yang mengandung unsur melengkung diantara sekian banyak bentuk yang lurus dan dadu. Sementara di dapur, ornamen yang melengkung biasanya ditemukan pada plafon atau langit-langit rumah, karena biasanya kitchen set selalu berbentuk persegi baik itu model I, L, F atau U.

Umumnya unsur modern klasik lebih dominan dengan unsur modern yang minimalis, unsur klasik hanya dimanfaatkan untuk menetralisir kekakuan konsep minimalis tersebut dengan memberikan aksen lengkung di sekian banyak aksen lurus dan kotak.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>