Mengenalkan Tanaman pada Anak Sejak Dini

mengenalkan tanaman pada anakMengenalkan tanaman pada anak sejak dini merupakan hal yang akan berdampak baik bagi perkembangan anak. Hal ini dapat menambah pengetahuan anak tentang lingkungan hidup yang ada di luar. Hal ini juga mendidik anak untuk belajar memahami pentingnya keberadaan lingkungan hidup dan juga pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Mengenalkan tanaman pada anak akan membuat anak untuk lebih mencintai alam.

Mengenalkan lingkungan pada anak dapat dilakukan dengan hal yang sederhana misalnya bersama-sama menanam sayuran di kebun rumah atau di pot-pot. Jenis sayuran selain mudah ditanam juga bermanfaat langsung dan sehat juga. Akan lebih baik memilih jenis sayuran yang nantinya bisa digunakan untuk bahan masakan. Hal ini dapat memberikan keteladanan pada anak untuk belajar berswadaya sendiri yakni menanam sayuran, merawat tanaman sayuran dan memetiknya untuk kemudian bisa dijadikan makanan sehat sehari-hari. Jadi dengan menanam sayuran dan merawat tanaman tersebut, kita bisa mendapat manfaat berlipat ganda. Jenis sayuran yang bisa menjadi pilihan dalam menanam sayuran antara lain, kacang panjang, tomat, buncis, kok, singkong, kangkung maupun bayam.

Ajarilah anak mengenal tanaman mulai dengan proses menanam misalnya menanam sayuran. Setelah itu, ajarilah anak untuk merawat tanaman tersebut dengan rajin menyiram, memberi pupuk dan menyianginya. Melalui hal ini, anak juga bisa belajar untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab. Menanam dan merawat tanaman juga mengajarkan anak tentang filosofi kehidupan. Tanaman bisa dijadikan perumpamaannya. Seperti halnya tanaman yang kadang layu, namun akhirnya bisa berbuah, demikian juga manusia, sehingga anak bisa belajar juga mengenai kesabaran dan kedewasaan.

Mengenalkan tanaman pada anak bisa dilakukan pula melalui wisata edukatif. Selain bisa menghabiskan waktu berwisata bersama dengan keluarga, anak sekaligus juga bisa belajar. Anda bisa mengajaknya mengunjungi lingkup yang lebih luas seperti kebun raya, persawahan, wisata edukatif pertanian, wisata memetik buah sendiri dan sebagainya. Wisata edukatif di lingkup pertanian atau perkebunan ini selain suasananya rindang dan menyejukkan, anak juga bisa berkenalan dengan lebih banyak lagi jenis-jenis tanaman.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>