Tips-tips Menghemat Tagihan Air

menghemat tagihan airSetiap bulannya Anda pasti dipusingkan oleh masalah tagihan. Biasanya di awal bulan berbagai macam tagihan akan menggerogoti Anda. Mulai dari tagihan listrik, telepon, air PDAM, dan aneka tagihan lainnya.

Sebagian orang menggap tagihan air adalah hal sepele karena harga air yang tidak semahal tagihan lainnya. Namun, Kita harus menyadari hemat air tidak hanya untuk meminimalkan tagihan saja, melainkan juga demi melestarikan lingkungan hidup.

Sekarang air menjadi sebuah sumber daya yang semakin terbatas. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lainnya seperti, sedikitnya daerah resapan air karena semakin sedikitnya hutan dan area resapan, lajunya tingkat pertumbuhan penduduk dunia dan diperburuk dengan tingkat pencemaran pada sumber-sumber air kita. Untuk itulah kita harus memulai untuk melakukan penghematan dalam pemakaian air.

Berikut tips menghemat tagihan air Anda:

Pertama, gunakan air seperlunya. Memang ini adalah tips klasik yang sudah diketahui banyak orang, namun hal ini banyak dianggap sepele. Untuk menyiram tanaman kebanyakan orang menggunakan air PDAM. Padahal apa salahnya anda jika Anda menyiram tanaman kesayangan Anda dengan air kolam yang ada di pekarangan rumah.

Kedua, perhatikan meteran Anda. Ada kalanya petugas PDAM mengalami kekeliruan dalam mencatat pemakaian air setiap bulannya. Sebagai konsumen yang cerdas tentu Anda harus dapat mengantisipasi hal ini.

Ketiga, jangan pernah lupa menutup kran air. Banyak orang yang lupa untuk menutup kran air setelah menggunakannya. Terkadang sampai berjam-jam air dibiarkan mengalir begitu saja. Cobalah untuk selalu menanamkan dalam pikiran Anda setelah memakai air langsung tutup kran Anda.

Keempat, buatlah target pemakaian setiap harinya. Catatlah pemakaian Anda dalam satu hari. Jika ternyata Anda rasa pemakaian tersebut cukup boros cobalah untuk mengurangi. Hal ini tentu akan membuat akumulasi pemakaian air Anda dalam satu bulan akan menjadi lebih sedikit.

Selanjutnya, jika jumlah cucian Anda tidak terlalu banyak lebih baik mencuci secara manual saja. Mencuci pakaian dalam jumlah yang sedikit dengan menggunakan mesin cuci merupakan tindakan pemborosan terhadap air dan listrik. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mencucinya dengan tangan.

Kelima, gunakan toilet duduk. Penggunaan toilet duduk akan mengonsumsi air lebih sedikit jika dibandingkan dengan toilet jongkok. Memang untuk awalnya akan terasa susah. Tapi yakinlah itu semua akan terjadi sebelum Anda sekeluarga terbiasa.

Keenam, jangan buang bekas air cucian Anda. Mencuci merupakan aktivitas yang cukup banyak mengonsumsi air. Air bekas cucian dapat anda manfaatkan sebagai air untuk mencuci kendaraan, mengepel lantai, atau membahasi tanah berdebu di pekarangan Anda.

Ketujuh, kurangi penggunaan bathub, beralihlah pada shower. Penggunaan shower akan jauh mengurangi jumlah tagihan Anda.

Terakhir, tanamkan kepada seluruh anggota keluarga untuk menggunakan air sebijak mungkin. Ada baiknya jika Anda membuat papan peringatan di sekitar kran air di rumah Anda yang berisi peringatan dalam rangka penghematan. Dengan begini diharapkan mereka akan selalu ingat untuk melakukan penghematan terhadap penggunaan air.

Tagged with:
 

Recent Entries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>